Selasa, 19 September 2023

Makalah Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2013. Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa serta peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satu penilaian yang diperkenalkan dalam Kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Dalam makalah ini, akan dibahas tentang penilaian autentik dalam Kurikulum 2013.

Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas atau proyek yang mirip dengan kehidupan nyata. Penilaian ini memungkinkan siswa untuk menunjukkan keterampilan yang sebenarnya, seperti memecahkan masalah, berkomunikasi, berkolaborasi, dan menghasilkan produk atau karya yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dalam Kurikulum 2013, penilaian autentik digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Penilaian autentik di Kurikulum 2013 dirancang untuk memenuhi empat karakteristik utama, yaitu validitas, reliabilitas, objektivitas, dan keadilan. Validitas berarti penilaian harus dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, yaitu kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Reliabilitas berarti penilaian harus dapat diandalkan dan konsisten. Objektivitas berarti penilaian harus bebas dari pengaruh subjektivitas penilai. Keadilan berarti penilaian harus adil dan merata untuk semua siswa.

Penilaian autentik dapat dilakukan dalam berbagai bentuk tugas atau proyek, seperti membuat poster, membuat presentasi, melakukan observasi, melakukan eksperimen, membuat karya seni, dan lain-lain. Penilaian ini memungkinkan siswa untuk menunjukkan keterampilan yang sebenarnya dan meningkatkan keterampilan proses, seperti berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas.

Untuk mengimplementasikan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, guru harus memahami kompetensi yang harus dicapai siswa dan mengembangkan tugas atau proyek yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Kedua, guru harus memastikan bahwa tugas atau proyek tersebut memiliki kriteria penilaian yang jelas dan terukur. Ketiga, guru harus memberikan umpan balik yang berguna bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka.

penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 juga melibatkan siswa dalam proses penilaian. Siswa harus memahami kriteria penilaian dan berpartisipasi dalam menilai hasil tugas atau proyek teman sekelas. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, mempertimbangkan perspektif orang lain, dan memperbaiki karya mereka sendiri.

Dalam penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas atau proyek yang mirip dengan kehidupan nyata. Pen

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)